Vitamin Anggrek Bulan Agar Cepat Berbunga

Anggrek Bulan atau nama latinnya Phalaenopsis amabilis membutuhkan nutrisi yang cukup agar bisa tumbuh dan berbunga. Kebutuhan nutrisi angbul (nama lain anggrek bulan) diperoleh dari media tanam yang digunakan untuk menanam anggrek.

Seiring waktu berjalan, kondisi media tanam anggrek bulan berubah menjadi kurang subur, terlalu asam dan tidak ideal lagi bagi tanaman anggrek bulan itu sendiri.

Jika media tanam anggrek kita sudah tidak ideal lagi, kita bisa menggantinya dengan media tanam yang baru. Istilah ini sering disebut dengan repotting.

Repotting atau penggantian media tanam anggrek bulan juga dilakukan jika kondisi anggrek bulan sudah besar namun pot tempat menanam anggrek bulan sudah terlalu kecil.
vitamin anggrek bulan agar cepat berbunga

Selain mengganti media tanam dengan yang baru, kita juga bisa memberikan pupuk ke media tanam dan vitamin ke daun atau akar anggrek agar kebutuhan nutrisi anggrek bulan terpenuhi. Inilah salah satu cara merawat anggrek agar subur dan berbunga.

Ada banyak sekali jenis pupuk anggrek, mulai dari yang umum untuk segala jenis tanaman hingga jenis pupuk yang dikhususkan untuk bunga anggrek.

Fungsi dari pupuk itu sendiri juga berbeda-beda, ada jenis pupuk anggrek agar cepat berbunga, ada yang khusus untuk menyuburkan daun dan ada juga vitamin anggrek agar anggrek tidak sress, misalnya ketika proses repotting atau setelah tanaman anggrek melalui proses pengiriman jika kita membelinya secara online.

Baca Juga:
Cara Merawat Anggrek Bulan Setelah Berbunga

Vitamin anggrek untuk mengurangi stress tanaman biasanya adalah vitamin B1, merk yang ada di pasaran pun banyak sekali, mulai dari yang murah sampai yang mahal. Dilihat dari produksinya, ada yang diproduksi di dalam negeri dan ada juga yang diimport dari luar negeri, biasanya made in Thailand.

Tujuan dari pemberian pupuk anggrek adalah untuk mendapatkan tanaman anggrek yang tumbuh subur, namun ada juga pecinta anggrek yang memupuk anggreknya agar anggrek cepat berbunga.

Sebenarnya, jika kebutuhan nutrisi anggrek terpenuhi, anggrek akan berbunga dengan sendirinya, namun terkadang kita tidak sabar dan menggunakan pupuk anggrek agar cepat berbunga.

Maaf bukannya promosi, namun disini saya menyebut merk ya... pupuk anggrek growmore biasanya digunakan oleh pecinta anggrek agar cepat berbunga. Komposisi dari pupuk anggrek ini memang diformulasikan untuk memacu tumbuhnya tunas bunga anggrek.

Saya sendiri berprinsip bahwa pupuk anggrek yang dibutuhkan adalah pupuk dasar, yaitu pupuk NPK yang kita taburkan atau kita siramkan di media tanam anggrek.

Jika media tanam subur, unsur haranya seimbang, anggrek akan tumbuh dan berbunga dengan sendirinya.

Karena itu, saya selalu menggunakan pupuk NPK untuk semua jenis tanaman saya, baru jika saya ingin mendapatkan anggrek yang cepat berbunga, maka saya baru menggunakan pupuk anggrek yang diformulasikan khusus agar cepat berbunga.

Sama halnya jika mendapatkan tanaman anggrek saya yang stress atau bunga anggrek daunnya layu dan menguning, maka saya menggunakan vitamin B1 sebagai treatment awal, dan melakukan perawatan secara khusus untuk anggrek yang daunnya layu.

Silakan baca cara merawat anggrek bulan yang layu untuk detail penanganan anggrek yang layu dan menguning daunnya.

0 Response to "Vitamin Anggrek Bulan Agar Cepat Berbunga"

Post a Comment