Memilih Pot Anggrek Bulan

Anggrek bulan terkenal dengan warnanya yang indah. Beberapa varian warna yang umum adalah anggrek bulan putih, merah, kuning dan bahkan ada jenis anggrek bulan lirik.

Untuk menikmati anggrek bulan di rumah atau di teras kita, maka kita perlu menanam anggrek bulan di rumah. Salah satu yang dibutuhkan untuk mewujudkannya adalah pot.

Ya, pot adalah salah satu sarana bagi pecinta anggrek untuk menanam bunga anggrek bulan kesayangannya. Memilih pot untuk menanam anggrek bulan memang gampang-gampang susah. Ada berbagai pertimbangan yang perlu diperhatikan dari masing-masing pot.
Di samping itu, selera orang berbeda-beda, karena itu, memilh pot anggrek bulan pun tiap orang tidak sama.

Ada banyak sekali jenis pot untuk tanaman anggrek bulan, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Namun kita akan mencoba untuk menguraikan jenis pot yang umum dipakai saja.
Berdasarkan material bahannya, kita uraikan 3 macam pot tanaman saja ya, meski sebenarnya banyak sekali jenis-jenisnya yang ada di pasaran diluar dari yang 3 tersebut.

Jenis dan macam pot anggrek bulan


Pot Fleksibel

pot fleksibel anggrek bulan

Jenis pot ini terbuat dari plastik transparan, biasanya digunakan untuk re-potting atau pengepotan ulang bibit anggrek dari botol ke pot atau dari pot kecil ke pot yang lebih besar manakala pot sudah tidak sebanding dengan ukuran tanaman.

Ketika bibit anggrek dikeluarkan dari botol, baby-baby anggrek akan ditanam di pot fleksibel ini dengan media tanam sphagnum moss, proses ini biasa disebut dengan aklamasi atau aklaim. Proses ini biasa dilakukan di kebun anggrek atau nursery.

Pot fleksibel juga digunakan untuk jenis anggrek remaja, pra remaja, pra dewasa bahkan anggrek remaja sekalipun. Karena itu, ukuran pot ini sangat bermacam dari yang paling kecil untuk seedling tanaman anggrek sampai yang paling besar untuk tanaman anggrek dewasa.

Kelebihan dari pot ini adalah harganya paling murah diantara harga pot yang lain. Kemudian bentuknya yang transparan memudahkan kita untuk memantau perkembangan akar anggrek. Antisipasi bisa cepat dilakukan manakala menggunakan pot ini misalnya terlihat tanda-tanda akar anggrek yang busuk.

Kekurangannya karena bahannya yang murah, maka ketebalan pot ini sangat tipis, bahkan untuk menempatkannya diperlukan rak / tray agar tidak goyang dan ambruk

Pot Plastik

pot plastik anggrek bulan

Dari sisi material, pot ini lebih tebal daripada pot fleksibel. Warnanya juga tidak transparan tetapi berwarna-warni mulai dari hitam, hijau, pink dan lain-lain. Pot ini biasa digunakan dalam skala rumahan.

Dari sisi harga, pot ini lebih mahal harganya dibandingkan dengan pot fleksibel.
Kelebihan pot plastik ini adalah lebih awet dalam hal penggunaannya karena plastiknya biasanya jenis plastik yang tidak kaku, sehingga tidak mudah pecah. Bentuk dan warnanya juga bermacam-macam dan banyak variasinya, sehingga lebih leluasa dalam memilih sesuai selera.

Bobotnya juga ringan meskipun tidak seringan pot fleksibel.
Kekurangannya adalah kurang menyerap air, sehingga jika terlalu sering menyiram, bisa membuat media tanam terlalu basah dan mengakibatkan tumbuhnya cendawan atau jamur penyebab penyakit akar anggrek seperti penyakit busuk akar.

Ditambah lagi warnanya yang tidak transparan, membuat kita kesulitan memantau kelembaban media tanaman.

Pot Tanah

pot tanah anggrek bulan

Disebut pot tanah karena bahan bakunya terbuat dari tanah liat yang dicetak sesuai model kemudian dibakar agar menjadi keras. Kelebihan pot tanah adalah kemampuannya yang sangat baik dalam hal penyerapan air dibandingkan 2 pot yang kita uraikan sebelumnya.

Baca Juga:
Cara Merawat Anggrek Bulan Yang Layu

Dengan menggunakan pot tanah, resiko over watering bisa lebih dimimalisir karena pot tanah cepat menyerap air. Pot tanah juga memberikan hawa dan suhu media tanam lebih ideal. Namun begitu, tetap saja ada kekurangannya.

Kekurangan pot tanah adalah harganya lebih mahal dibandingkan dengan pot plastik apalagi dibandingkan dengan pot fleksibel. Kekurangannya yang lain adalah mudah pecah sehingga harus ekstra hati-hati dalam penggunaannya.

Nah, dari ketika pot tanaman anggrek di atas, silakan pilih yang paling cocok dan paling sesuai dengan kondisi masing-masing. Tiap-tiap orang berbeda-beda, ada yang harga menjadi tolak ukur pertama, ada yang menjadikan fungsi sebagai tolak ukur pertama dalam memilih pot.

Apapun pilihan potnya, di dunia ini selalu berlaku hukum keseimbangan, ada kelebihan dan ada kekurangan. Tinggal bagaimana kita menutupi kekurangan dan kelemahan dari jenis pot yang kita pilih sehingga kekurangan itu tidak menjadikan penghalang buat kita, pecinta anggrek yang ingin menikmati indahnya bunga anggrek bulan yang sedang mekar.

Oh iya, sebisa mungkin jika membeli pot untuk anggrek, belilah pot yang didesain khusus untuk tanaman anggrek ya, meskipun pot tanaman selain anggrek juga bisa digunakan untuk menanam anggrek, namun pot anggrek lebih spesifik dibuat untuk kebutuhan tanaman anggrek.

Salah satu yang mencolok adalah pot anggrek memiliki lubang yang lebih banyak, bahkan ada yang disisi-sisi pot juga ada lubangnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembaban dan sirkulasi media dalam pot karena bunga anggek memerlukan aerasi yang baik untuk bisa tumbuh subur dan berbunga.

Setelah kita menemukan pot anggrek bulan yang tepat, kita siap untuk menanam anggrek bulan putih atau merah atau anggrek bulan warna kombinasi kesayangan kita. Silakan lanjutkan ke cara menanam anggrek bulan yang benar

0 Response to "Memilih Pot Anggrek Bulan"

Post a Comment