Cara Menanam Anggrek Bulan di Pot

Banyak teknik menanam bunga anggrek bulan, mulai dari menanamnya di pot layaknya tanaman hias yang lain atau menempelkannya di pohon atau papan kayu sehingga menyerupai habitat aslinya di hutan.
Di pembahasan kali ini, kita akan coba sharing cara menanam anggrek bulan khusus di pot, sedangkan cara menanam anggrek bulan di pohon atau papan bisa dibaca di artikel sebelumnya.

Sebelum menanam anggrek bulan di pot, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Tulisan ini adalah lanjutan dari artikel cara menanam anggrek bulan bagi pemula, silakan dibaca bagi yang belum membaca karena langkah ini merupakan langkah lanjutan dari tulisan sebelumnya.

Baca juga:
Tips Memilih Pot Anggrek Bulan Yang Tepat

Sebelum menanam anggrek bulan di pot, terlebih dahulu kita harus memilih jenis pot anggrek bulan yang tepat. Pot anggrek yang tepat menjadikan anggrek bulan tumbuh subur dan cepat berbunga, dan setelah berbunga, bunganya awet dan tidak mudah gugur atau rontok.
Setelah kita mendapatkan jenis pot yang tepat, kita lanjut ke tahap selanjutnya.

Oh iya, khusus untuk tulisan ini kita buang pot fleksibel dari daftar pilihan ya, karena untuk pot fleksibel pasangannya dengan media tanam sphagnum moss dan kita tidak menggunakannya di tulisan ini.
menanam anggrek bulan di pot


Langkah-langkah menanam anggrek bulan di pot


Siapkan media tanam anggrek bulan terbaik. Contoh media tanam anggrek yang saya pilih adalah pecahan genting tanah, pecahan bata merah, arang, kulit pinus dan sabut kelapa. Media tanam tidak harus sama persis dengan yang saya contohkan.

Gunakan media tanam yang kalian punya, namun untuk pecahan genting atau pecahan bata merah sepertinya ini barang yang paling gampang diperolah.

Untuk pecahan genting dan pecahan batu bata, sebaiknya direndam dulu dalam air sampai gelembung-gelembung udara tidak lagi keluar dari pecahan genting atau batu bata tersebut.
Kemudian tiriskan.

Letakkan pecahan genting dan atau pecahan batu bata merah di dasar pot. Volumenya secukupnya saja, sesuaikan dengan ukuran pot dan jenis pot masing-masing.
Jika pot tanam anggrek yang digunakan adalah pot plastik, isi dasar pot dengan pecahan genteng atau pecahan bata merah sampai pot terasa agak berat sehingga pot aman diletakkan dan tidak mudah goyang.

Untuk pot tanah liat, gunakan sedikit saja karena tujuan penggunaan media tanam ini untuk menjaga suhu media tanam dalam pot agar anggrek bulan bisa aerasi, sedangkan kita tahu pot tanah sudah cukup bagus dalam hal penyerapan air.

Media tanam selanjutnya yang diletakkan di atas pecahan genting dan pecahan bata adalah sabut kelapa. Sabut kelapa saya sobek-sobek kecil-kecil, tujuannya agar lebih porous dan lebih lembut, disamping itu nanti akan ada rontokan sabut kelapa kecil-kecil halus yang bisa ditaburkan sebagai topping tanaman anggrek.

Susun sabut kelapa mengelilingi dinding pot, susun sampai tingginya setengah pot. Setelah itu, tanam anggrek bulan lokal atau anggrek bulan hybrid ke dalam pot, posisikan di tengah-tengah pot. Tutup lagi dengan sabut kelapa dan paling akhir kita letakkan arang dan kulit pinus agar sabut kelapa lelih padat dan tanaman anggrek tidak goyang.

Paling akhir bisa ditaburi rontokan sabut kelapa atau istilahnya coco peat jika sabut kelapa kita sobek kecil-kecil.

Nah, langkah-langkah menanam anggrek bulan dalam pot sudah selesai, hal yang perlu diperhatikan dalam menanam anggrek di pot adalah jangan menutup semua akarnya dengan media tanam, sisakan sedikit karena anggrek memiliki akar udara.

Pastikan posisi anggrek tegak dan kuat menahan bebannya sendiri, jika tanaman jenis anggrek bulan yang ditanam terlalu besar atau tinggi, misalnya jika proses repotting anggrek dewasa, gunakan bantuan kawat sebagai penyangga agar anggrek tidak mudah goyang sampai akar tumbuh dan mencengkeram kuat.

Sekarang saatnya menempatkan anggrek bulan kita di tempat yang teduh, tidak terkena sinar matahari langsung dan lebih bagus lagi jika mendapat sirkulasi udara yang baik.

Jangan lupa melakukan melakukan penyiraman anggrek bulan yang baru saja kita tanam. Selain disiram, anggrek bulan juga memerlukan nutrisi dan vitamin untuk tumbuh dan berkembang, karena itu kita juga perlu melakukan pemupukan dan pemberian vitamin.

Jika semua kebutuhan nutrisi dan vitamin terpenuhi dengan cukup, anggrek bulan tercinta agar tumbuh subur dan cepat berbunga serta bunganya awet dan tidak mudah rontok.

Selamat mencoba

0 Response to "Cara Menanam Anggrek Bulan di Pot"

Post a Comment