Cara Mengatasi Shock Belakang Jedag Jedug di Motor Yamaha Jupiter MX 135cc

Sepeda Motor Yamaha Jupiter MX 135 atau biasa disebut Jupiter MX Old atau OJMX termasuk jenis motor yang gagah diawal-awal dilempar ke pasaran.
Betapa tidak, motor bebek sport dengan CC yang cukup tinggi di kelasnya yakni 135cc dengan posisi mesin yang hampir tegak, membuat motor jupiter MX ini lebih garang dari sisi tampilan mesin.
Desain body yang sangat menawan menurut saya, membuat slogan Yamaha "Semakin Didepan" benar-benar terbukti.
shockbreaker belakang yamaha jupiter mx 135cc asli original ygp

Namun disamping beberapa keunggulan yang dimiliki Motor Yamaha Jupiter MX ini, ada juga sisi kelemahannya. Salah satu masalah yang sering dikeluhkan pengguna OJMX adalah shock belakang yang terlalu empuk sehingga menimbulkan suara jedag jedug terutama ketika digunakan boncengan dan melewati polisi tidur atau lubang yang dalam.
Shock belakang motor jedak jeduk dikarenakan shock sudah mentok. Kondisi shock belakang yang terlalu empuk dengan muatan yang berat adalah penyebabnya.

Memang selera orang lain-lain, ada yang lebih menyukai shock belakang keras ada juga yang melakukan berbagai cara membuat shock belakang motor empuk. Semua ada plus minusnya, shock belakang keras cenderung stabil ketika dikendarai namun kurang nyaman karena kita seperti naik kuda.
Shock belakang terlalu empuk memang enak dan nyaman dikendarai namun jika ada lubang atau polisi tidur motor seperti linglung.
Baca juga
Cara Pasang Lampu Hazard di Motor
Beberapa cara dilakukan pengguna jupiter MX old untuk mengatasi shock belakang yang terlalu empuk, mulai dari mengganti shockbreaker motor MX nya dengan tipe shock belakang yang keras, atau juga dengan membeli shock breaker yang bisa disetting kekerasannya.
Harga shock jupiter MX ori YGP (Yamaha Genuine Part) sendiri berkisar di harga 300 sampai 400 ribuan, dan alih-alih membeli jenis shockbreaker yang sama, kenapa tidak dicoba membeli merk shockbreaker motor model yang lain yang sesuai dengan selera.

Awal menggunakan Jupiter MX sedikit kaget juga dengan suara jedak jeduk ketika melewati polisi tidur dengan posisi berboncengan. Bingung harus bagaimana cara mengatasi shock belakang jedag jedug yang lumayan mengganggu itu.
Jika beli shockbreaker asli bawaan pabrik, pasti hasilnya sama, kebetulan juga harga shock jupiter MX lumayan juga. Jika membeli merk shockbreaker aftermarket untuk kisaran harga yang setara dengan shock ori belum tentu masalah shock belakang terlalu empuk ini teratasi.

Akhirnya ketika sedang di bengkel motor, iseng-iseng saya nanya peninggi shock belakang jupiter MX. Waktu itu harganya sekitar 50ribuan termasuk ongkos pasang.

Awal menggunakan peninggi shock ini memang agak canggung, motor jadi lebih tinggi sehingga kaki serasa tidak sampai menginjak ke tanah, belum lagi cara manuver dan berbelok jauh berbeda dengan ketika shockbreaker masih standard.

Masalah lain yang muncul adalah karena body belakang tinggi dan nungging, baut di legshield bagian dalam posisinya bergeser sedikit dari lubangnya, sehingga body sedikit dipaksa ditarik untuk menyesuaikan baut ke lubang baut nya.
peninggi shock belakang motor

Setelah saya memasang peninggi shock belakang, kok suara jedak jeduk di belakang tidak terdengar lagi. Dah bahkan ketika melewati polisi tidur dengan berboncengan juga tidak mentok lagi. Hmm... sepertinya masalah shock belakang terlalu empuk yang sering jedag jedug teratasi.

Shock mejadi normal untuk ukuran saya, tidak terlalu empuk dan tidak keras, artinya shock masih berfungsi meregam getaran di jalan yang keriting, padahal berbulan-bulan saya mencari-cari solusi mengatasi shock belakang yang terlalu empuk ini.

Jika pengguna MX ingin mencoba memasang peninggi shock belakang, pastikan kondisi shock masih bagus ya, bunyi jedag jedug tersebut karena kondisi shock belakang yang terlalu empuk, bukan karena kondisi shockbreaker yang sudah mati.

Jika kondisi shockbreaker sudah mati, tidak ada pilihan lain selain menggantinya dengan membeli shockbreaker yang baru.
peninggi shock belakang terpasang di ojmx

Beberapa artikel di internet, terutama media yang sudah memiliki nama, biasanya tidak menyarankan dan melarang penggunaan peninggi shock untuk mengatasi masalah shockbreaker yang terlalu empuk.

Saya sendiri tidak merekomendasikan atau tidak melarang pengguna OJMX untuk memasang peninggi shock untuk mengatasi shock belakang terlalu empuk, namun berdasarkan pengalaman saya pribadi, saya sudah menggunakannya 10 tahun lebih dan sampai sekarang aman-aman saja.

Tidak ada masalah sama sekali. Mungkin karena saya badannya ideal dan atletis ... gubrak .... sehingga tidak ada masalah dengan penggunaan peninggi shock ini. Atau mungkin saya mendapatkan peninggi shock dengan kualitas material bahan yang bagus, sehingga awet dan tahan lama.

Cerita lain datang dari ponakan saya, badannya lebih gemuk dan gembul, ketika memasang peninggi shock ini, selalu saja kalah pada bagian pinggiran peninggi shocknya, sudah beberapa kali diganti dan dipasang tapi selalu berakhir sama.

Jadi tulisan ini murni pengalaman saya ya, sekedar share saja, tidak ada niat untuk menganjurkan atau melarang, keputusan akhir di tangan rakyat eh... di tangan pembaca

0 Response to "Cara Mengatasi Shock Belakang Jedag Jedug di Motor Yamaha Jupiter MX 135cc"

Post a Comment