Cara Merawat Anggrek Bulan

Perawatan bunga anggrek bulan atau angbul tak ubahnya anggrek vanda atau anggrek dendrobium. Nama latin anggrek bulan adalah phalaenopsis amabilis, merupakah jenis tanaman asli Indonesia.
Bunga anggrek bulan juga disebut Butterfly Orchid. Keindahan tanaman bunga anggrek bulan memang sangat memikat.

Susunan daunnya yang sedikit dan saling silang dengan satu atau dua batang bunga yang menjulang tinggi ini merupakan jenis anggrek yang khas di tempatkan di ruangan-ruangan kantor.
Kelopak bunga yang lebar dengan warna warni, mulai dari putih, kuning, merah, coklat, hitam hingga kombinasi dua warna menjadikan anggrek bulan sebagai jenis anggrek yang paling populer.
Tak heran jika harga jual anggrek bulan ini relatif stabil dari waktu ke waktu.
cara merawat anggrek bulan

Tanaman yang terkenal handal dan tahan segala cuasa ini memang sangat mudah ditanam dan dibudidayakan. Bahkan menanam anggrek bulan bagi pemula pun tidak akan mengalami kesulitan yang sangat berarti, dan 90% pasti tumbuh.

Dari pengalaman saya menanam tanaman hias, menanam bunga anggrek bulan ini adalah yang paling mudah, bahkan dari semua anggrek bulan yang saya beli dan saya tanam, semuanya berhasil tumbuh. Mulai dari bibit seedling anggrek bulan, anggrek bulan pra remaja, anggrek bulan pra dewasa, anggrek bulan dewasa bahkan anggrek bulan bekas atau eks rental yang saya beli dan saya tanam, semuanya tumbuh.

Meskipun sempat ada yang layu, tapi dengan cara perawatan yang tepat, anggrek bulan yang layu bisa subur lagi, daunnya menjadi kaku dan tidak lemas lagi.

Ada juga yang sempat terserang busuk akar dan busuk daun, namun dengan perawatan yang intensif, busuk akar dan busuk akar bisa teratasi dengan baik.

Berbeda dengan menanam tanaman hias lain, misalnya lavender yang terkenal sangat susah sekali untuk tumbuh, tanaman bunga jenis anggrek terutama anggrek bulan ini jauh lebih mudah ditanam.

Meskipun cara menanam anggrek bulan sangat mudah, anggrek juga perlu perawatan agar bisa tumbuh maksimal.

Perawatan anggrek bulan sendiri bermacam-macam dan terkantung situasi dan kondisi dari anggrek bulan itu sendiri.

Cara merawat anggrek bulan yang layu, memerlukan treatment khusus yang berbeda dengan merawat anggrek bulan yang terserang penyakit seperti busuk akar atau busuk daun,
Cara merawat anggrek bulan dalam ruangan juga berbeda dengan cara merawat anggrek bulan setelah berbunga.

Nantinya kita akan coba menguraikan satu-persatu teknik dan cara merawat anggrek bulan ini sesuai dengan kasus dan kondisi yang dialaminya.

Sekarang kita coba untuk perawatan anggrek bulan yang umum dulu, artinya bunga anggrek bulan kita tidak sedang terserang penyakit.

Hal-hal yang perlu dilakukan dalam perawatan anggrek bulan

Setidaknya ada 4 hal yang vital dalam merawat anggrek bulan agar tumbuh subur dan cepat berbunga. Dan ini lah 4 hal yang perlu dilakukan:

1. Penyiraman

Semua jenis tanaman memerlukan air untuk hidup. Demikian juga dengan bunga anggrek bulan, yang juga perlu disiram agar kebutuhan airnya terpenuhi. Yang perlu diperhatikan adalah seberapa banyak kebutuhan air yang dibutuhkan anggrek bulan ini.

Hal ini terkait volume air yang kita siramkan. Hal lainya adalah seberapa sering anggrek bulan harus kita siram. Disinilah diperlukan sedikit pengetahuan dasar tentang habitat hidup bunga anggrek bulan.

Anggrek bulan merupakan tanaman epifit, yaitu jenis tanaman yang hidupnya menempel pada tanaman lain namun tidak mengambil nutrisi dari tanaman yang ditempelinya, berbeda dengan benalu yang mengambil makanan dari tanaman yang diinanginya.

Karena menempel dipohon, bunga anggrek merupakan jenis tanaman yang tidak suka air berlebih. Karena itu, kita harus bisa mengkondisikan tanaman anggrek bulan kita agar media tanamnya terjaga, tidak basah dan tidak kering.

Karena itu pemberian air harus tepat, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

Bagaimana caranya?

Penyiraman bunga anggrek bulan harus melihat dulu media tanamnya, pastikan menggunakan media tanam yang porous atau gembur, silakan baca media tanam anggrek bulan yang bagus untuk informasi seputar media tanam anggrek bulan.

Setelah kita mengetahui media tanam yang kita gunakan, hal kedua yang harus diperhatikan dalam menyiram anggrek bulan adalah pot atau wadah tempat menanam anggrek bulan itu sendiri. Informasi anggrek bulan. Cara menyiram anggrek bulan yang ditanam di pot berbeda dengan anggrek bulan yang ditempel di pohon atau papan kayu.

Untuk anggrek bulan yang ditanam di pot, penyiraman dilakukan dengan cara menyiramnya dengan bantuan gelas kecil misalnya gelas air mineral.
Cara menyiramnya diguyur di pinggir-pinggir sekitar batang tanaman anggrek. Bisa juga menggunakan gayung atau alat lain untuk menyiram. Lakukan penyiraman sampai air mengalir keluar dari bawah pot.

Setelah itu, miringkan pot untuk memastikan semua sisa air mengalir dan tidak tergenang di pot. Hal ini untuk menjaga agar anggrek bulan terhindar dari air berlebih penyebab penyakit busuk akar atau root rot.

Sedangkan untuk anggrek bulan yang ditempel di pohon atau papan kayu, cara penyiramannya dengan menggunakan spray atau semprotan tanaman. Sesuaikan tekanan semprotan untuk memastikan air masuk sampai ke media tanam paling dalam. Lakukan penyemprotan sampai semua media tanam basah.

Ketika proses penyiraman, usahakan tidak ada air yang menggenang di sela-sela pucuk daun tempat tunas anggrek bulan tumbuh, hal ini untuk menghindari anggrek bulan terserang penyakit busuk daun.

Frekuensi penyiraman tanaman anggrek bisa dilakukan sehari satu kali atau sehari dua kali, pagi dan sore hari. Bisa juga dilakukan dua hari sekali. Kapan waktunya menyiram tanaman anggrek sebenarnya berbeda-beda, tergantung kondisi dari daerah tinggal dan juga media tanamnya sendiri.
Kuncinya adalah lakukan penyiraman manakala media tanam sudah mulai mengering dan jangan menyiram anggrek bulan saat media tanam masih basah.

Satu lagi, jika melakukan penyiraman, lakukan disaat sore hari atau di pagi hari. Disarankan pagi hari agar anggrek bulan tidak dehidrasi dan kekeringan karena cuaca yang panas di siang hari.
Saya sendiri melakukan penyiraman anggrek bulan sehari dua kali, pagi dan sore hari, namun terkadang satu baik sore ataupun pagi hari tergantung kondisi media tanam apakah masih basah atau sudah kering.

2. Pemupukan

Selain penyiraman, anggrek bulan juga perlu nutrisi dan vitamin agar tumbuh maksimal. Banyak sekali pupuk anggrek bulan di pasaran, mulai dari yang organik sampai yang kimia. Pengalaman saya sendiri, saya jarang sekali menggunakan pupuk kimia.

Selain efek jangka panjangnya yang kurang bagus, penggunaan pupuk kimia sangat ribet. Kita harus berhati-hati dalam penggunaan pupuk kimia agar tidak keracunan. Biasanya di kemasan akan tertulis petunjuk aman penggunaannya, seperti harus menggunakan sarung tangan, menggunakan sepatu boots, menggunakan masket dan penutup kepala, segera cuci semua pakaian yang digunakan saat melakukan pemupukan, tidak boleh kontak dengan kulit bahkan kabut yang terhirup jika penggunaannya disemprotkan dapat menyebabkan keracunan.

Jangan makan, minum, atau merokok ketika melakukan pemupukan, jangan membuang kemasan ke saluran air dan harus dikubur agar tidak menimbulkan bahaya bagi lingkungan dan bla bla bla .... ih serem bangetlah penggunaan pupuk kimia ini.

Yang menggunakan pupuk kimia silakan, namun kalau saya lebih suka yang alami, disamping lebih murah, pupuk alami juga lebih aman. Saya biasanya hanya menggunakan bawang putih untuk pencegahan dan pengobatan serangan jamur atau fungi dan bakteri.

Kemudian saya menggunakan bawang merah sebagai zap perangsang tumbuh (ZPT). Dengan menggunakan dua ramuan alami goyang dombret tersebut, anggrek saya subur-subur dan hidup semua

Proses pemberian vitamin sendiri tidak setiap hari kok, saya biasanya melihat situasi dan kondisi anggrek. Untuk penggunaan normal, artinya bunga anggrek tidak bermasalah, saya biasa memberi nutrisi satu bulan sekali.

Untuk anggrek yang sedang masa tumbuh atau yang baru ditanam atau repotting, saya gunakan seminggu sekali.

3. Intensitas Cahaya

Agar tanaman bunga anggrek tumbuh subur dan cepat berbunga, hal yang diperlukan dalam perawatan anggrek yang ke tiga adalah intensitas cahaya. Bunga anggrek bulan tidak menyukai sinar matahari langsung.

Jika anggrek bulan terkena sinar matahari langsung, lama kelamaan akan layu dan lemas yang menandakan bunga anggrek mengalami dehidrasi. Jika hal ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka anggrek akan mati.

Meskipun tidak menyukai sinar matahari, tetapi anggrek bulan tetap memerlukan sinar matahari untuk proses fotosintesis dan memasak makanannya sendiri.

Tempatkan anggrek bulan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, itulah kenapa jika di kebun anggrek atau nursery, dibuat paranet atau jaring di atas kebun anggrek, tujuannya untuk mengurangi sinar matahari yang masuk.

Jika kita menanam anggrek di rumah, terutama di teras, tentu kita tidak menggunakan paranet atau jaring karena kurang sedap dipandang. Kita bisa mensiasati dengan mencari tempat dimana hanya terkena sinar matahari pagi atau sore.

Jika hal itu sulit dilakukan, minimal seminggu sekali keluarkan tanaman anggrek selama setengah jam untuk mendapatkan sinar matahari di pagi hari.

4. Sirkulasi Udara

Selain intensitas sinar matahari, cara merawat anggrek bulan agar tumbuh subur adalah dengan menempatkannya di area yang mendapatkan sirkulasi udara yang baik.
Sirkulasi udara yang baik membuat akar anggrek cepat tumbuh dan terhindar dari parasit seperti jamur.

Kendala yang pasti muncul adalah pecinta anggrek di perkotaan, dimana lahan terbatas dan sirkulasi udara juga kurang maksimal.

Karena itu, kita harus pandai-pandai menempatkan anggrek, setidaknya jika kita tidak mendapatkan tempat ideal yang permanen, kita bisa secara temporary menempatkan anggrek-anggrek kita ke tempat yang mendapatkan intensitas cahaya dan sirkulasi udara yang baik.

Dengan melakukan 4 hal di atas, kualitas hidup anggrek bulan menjadi lebih baik, dan lebih sehat. Anggrek bulan jadi lebih subur, dengan daun yang hijau kaku jika dipegang, tidak lemas dan layu.
Pertumbuhan akar juga lebih baik sehingga peembungaan lebih cepat

0 Response to "Cara Merawat Anggrek Bulan"

Post a Comment