Cara Mudah Pasang Doortrim Blazer Dohc ke Sohc

Opel blazer atau cevrolet blazer jika dilihat sepintas dari luar, sepertinya hanya memiliki satu tipe saja, hanya pengguna blazer yang faham bahwa sejatinya ada dua tipe dasar dilihat dari luar.

Bagi pecinta blazer, dengan melihat sepintas dari luat, sudah bisa menyimpulkan apakah si kebo tersebut DOHC atau SOHC (Montera).

Secara kasat mata, perbedaan tersebut bisa dilihat dari sisi depan, untuk tipe DOHC sudah dilengkapi dengan lampu kabut atau foglamp.

Doortrim Opel Blazer DOHC

Jika dilihat dari samping, perbedaan terletak pada kaca segitiga di pintu tengah atau pintu penumpang. Opel Blazer Montera memiiki kaca hanya satu yang bisa digeser naik turun dengan tombol power window, sedangkan untuk tipe DOHC ada satu lagi kaca segitiga disebelah kaca yang bisa dibuka naik turun.


 
Kaca Segitiga Opel Blazer Montera SOHC

Dilihat dari sisi belakang, perbedaan terletak di wiper atau pembersih kaca belakang. Karena SOHC merupakan tipe yang lebih rendah, maka tipe ini tidak memiliki wiper belakang.

Itulah tiga perbedaan kasat mata yang bisa dilihat dari luar untuk membedakan opel blazer SOHC dan DOHC.

Ada satu lagi perbedaan yang bisa dilihat dari depan, belakang maupun samping, yaitu bentuk spion.
Spion DOHC memiliki kesan yang lebih kokoh dan sudah electric mirror sedangkan spion montera masih manual.

Namun sekali lagi, hanya pengguna atau pecinta kebo yang faham model spion ini, dan belakangan ini juga sudah banyak yang upgrade spion dari manual ke electric mirror, baik menggunakan spion DOHC atau spion blazer samba.

Bahkan banyak yang sudah modif dengan jenis spion mobil lain sehingga bisa autofolding atau lipat otomatis dan electric mirror

Jika dilihat dari sisi bagian dalam, perbedaan terlihat dari jumlah baris jok penumpang, di tipe montera atau SOHC menganut tiga baris, sedangkan di model DOHC hanya dua baris saja.

Namun secara interior, tipe DOHC memiliki interior yang lebih mewah dengan bahan yang lebih bagus dibandingkan dengan model SOHC.

Beberapa perbedaan interior tersebut seperti lampu kokpit, dan konsul box yang tidak dimiliki di varian SOHC Montera.

Satu lagi yang menjadi fokus pengguna montera, yaitu doortrim atau backleading pintu mobil.
Pada varian montera, doortrim terkesan sangat sederhana dengan bahan yang sangat tipis, sehingga karena usia yang sudah tua, doortirm banyak yang sudah rusak dan patah-patah.

Merupakan hal yang selalu diimpikan pengguna montera adalah mengganti doortrim atau upgrade doortrim ke tipe DOHC.

Doortrim DOHC memang sangan mewah terlebih pada masa jaman kejayaan opel blazer, tak heran jika mobil ini dulunya hanya pejabat dan orang kaya yang memilikinya.

Kembali ke doortrim DOHC, kelebihan doortrim DO adalah modelnya yang tidak ketinggalan jaman bahkan sampai sekarang, dan bahannya yang sangat kuat dan tebal, karena itu jarang sekali patah.

Pada baris penumpang, doortrim DO memiliki sebuah asbak tempat membuang putung rokok yang bisa dibuka dan disimpan, sangat keren sekali.

Pertanyaannya: Apakah jaman dahulu pejabat dan orang kaya itu perokok sehingga pabrik mobil sekelas GM sampai membuatkan asbak di doortrimnya?
Whatever lah yang jelas memang keren banget

Nah bagi yang mau upgrade doortrimnya menjadi doortrim DO, saya akan berbagi pengalaman memasang doortrim DO di kebo SO saya,
sayangnya karena saya memasang sendirian jadi saya tidak bisa mendokumentasikannya, karena itu saya bercerita aja di sini ya

Pada prinsipnya, doortrim DO bisa dipasang plek langsung nempel di SOHC atau montera, hanya saja perlu membuang plat besi gagang yang dijadikan tempat menempelkan baut doortrim SO.
Pada awalnya, saya menggunakan gergaji besi, untuk satu sisi plat saya memakan waktu yang sangat lama, karena tempatnya yang sempit.

Banyak yang menyarankan menggunakan gerinda tapi saya tidak berani karena ruang gerak yang sempit dan tidak mau ambil resiko, lagian saya juga tidak buru-buru pasang doortrimnya, iseng-iseng sambil mengisi waktu WFH saja.

Karena lama tidak putus-putus juga plat besi itu, akhirnya saya coba tarik ke kiri ke kanan, ke atas ke bawah. Awalnya saya sayang merusak plat itu jadi memotongnya dengan sangat hati-hati, tapi lama-lama gemes juga.

Tarra.... akhirnya berhasil juga memotong satu ujung sisi plat tersebut, lanjut ke ujung sisi yang lain. Setelah merasa dapat setengah lebih lubang gergajian di plat tersebut, saya gunakan ilmu menarik kanan, kiri, atas, bawah dan akhirnya saya menemukan di satu titik yang belum digergaji, ternyata bisa dilepas dengan ditarik atas bawah kiri kanan, sesuaikan dengan model las-las an nya.

Ternyata pabrikan GM sudah memperhitungkan kalau suatu saat, pengguna montera akan upgrade doortrim ke DOHC, karena itu las besi yang digunakan itu seperti las besi yang bukan permanen alias bisa dilepas dengan tangan kosong.

Dari pengalaman ini, akhirnya tiga pintu yang lain saya tidak gergaji lagi, tapi langsung saya ongkek, ditarik atas bawah kiri kanan, dan jauh lebih cepat lepas daripada menggergaji plat tersebut.

Setelah plat besi ganjalan doortrim lama lepas, selanjutnya tidak ada tantangan yang berarti lagi, doortrim bisa langsung dipasang plek. Lubang-lubang baut atau kancing doortrim juga sama persis.
Beberapa bengkel blazer bilang harus pasang dudukan speaker di pintu depan tapi ternyata saya tidak pasang pun tidak masalah, toh posisinya juga di dalam, tidak kelihatan.

Mulai lah memasang doortrim. Langkah yang saya gunakan adalah memasang klip atau kancing doortrim ke semua lubang yang ada di doortrim DO. kemudian posisikan sesuai lubang masing-masing di pintu mobil yang akan dipasang.

Jangan ditekan dulu karena kalau sudah ditekan, klip ini mengunci dan untuk melepasnya biasanya akan merusak klipnya.
Karena itu, pastikan semua klip sudah lubangnya masing-masing, tekan perlahan kira-kira 1/4 dari panjang klip hanya untuk memastikan semua sudah di lubangnya, dan jangan lupa kabel-kabel power window dan kabel-lain dikeluarkan dulu ujungnya melalui lubang pegangan tangan yang ada di doortrim.

Setelah yakin barulah ditekan full dan tarra.... selamat, doortrim DO sudah terpasang cantik di kebo montera, sangat simple kan?

Lanjutkan dengan pintu-pintu yang lain sampai beres dan selesai.

Kesulitan yang lumayan adalah jika ingin mengganti pilar kaca segitiga SOHC dengan pilar DOHC,
disini diperlukan sedikit memotong pilar karena posisinya jika dipasang manga pada bagian atas dan bawah, khusus yang ini saya belum share dulu ya, karena saya baru pasang sebelan kiri dan hasilnya masih belum rapi

Insya Alloh nanti di share di sini jika berhasil memasang dengan rapi

0 Response to "Cara Mudah Pasang Doortrim Blazer Dohc ke Sohc"

Post a Comment